Archive

Archive for the ‘info praktis’ Category

Asupan Peredam Emosi

July 12, 2011 Leave a comment

Tahukan anda,  bahwa emosi juga bisa dipengaruhi oleh kadar suatu hormon di dalam otak kita?? Sebuah studi mengemukakan bahwa hormon yang berpengaruh pada mood itu adalah hormon serotonin. Semakin tinggi kadar serotonin, maka semakin jarang emosi kita terpancing. Semakin rendah kadar serotonin, maka semakin mudah marah, berpikiran negatif,dll. Hm, hormon bisa mempengaruhi mood juga ya?! Tapi masuk akal sih, bukankah ada istilah “Di balik tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Jadi ada hubungannya antara tubuh kita dengan jiwa kita.
Asupan yang bisa meningkatkan kadar serotonin adalah menu yang kaya triptofan. Contohnya adalah produk olahan susu (susu, yogurt, keju), kedelai, daging merah, coklat hitam. Jenis makanan yang enak buat disantap nih!! Jadi, jika kita ingin sepanjang hari penuh dengan semangat *mood yang bagus* plus stamina yang prima, wajib nih sarapan dengan menu yang kaya akan triptofan. Tapi, jika setelah sarapan dengan menu kaya triptofan sepanjang hari tetep emosian, bagaimana tu??
Berarti ada yang salah tu dengan diri kita.. hehehe..

sumber :

Membuat Paspor Baru di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang

July 9, 2011 2 comments

Dua minggu ini menjadi minggu yang cukup padat dengan jadwal mengunjungi Kantor Imigrasi *lebay*. Sebenarnya hanya 3 kali saja sih datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor baru, tapi entah kenapa rasanya malas untuk ke sana lagi*ya iyalah?! Mau ngapain juga kesana?? hehe*. Setelah pengalaman pahit manis membuat paspor itu, maka di artikel kali ini, akan di-sharing-kan cara membuat paspor baru.

Dokumen yang harus disiapkan (asli dan fotocopy) :

  1. Kartu Keluarga
  2. Ijazah / Akta Kelahiran
  3. KTP (Fotocopy diperbesar agar terlihat jelas, sisi depan dan sisi belakang bersebelahan)
  4. Surat rekomendasi dari Perusahaan tempat anda bekerja (untuk karyawan)
  5. Kartu Pelajar/kartu mahasiswa (untuk pelajar)

Ada tiga proses yang dilewati dalam pembuatan paspor. Read more…

Categories: info praktis Tags:

Membuka Rekening Baru

June 24, 2011 Leave a comment

Memiliki rekening di bank, saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok. Fungsinya pun tidak terbatas hanya untuk menabung saja, namun semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Mulai dari menerima gaji, berbisnis hingga membayar cicilan kredit pemilikan rumah, semua dilakukan melalui transfer antar rekening bank, sehingga kita mau tidak mau, harus memiliki rekening di bank. Membuka rekening baru di bank mana pun sebenarnya sama saja prosesnya, namun di artikel ini akan dibagikan tentang pengalaman penulis saat membuka rekening baru di BCA.

Untuk membuka rekening baru di BCA *saya bukan marketing BCA lho ya!! 🙂 * kita perlu menyiapkan uang sebesar 500ribu rupiah. Uang tersebut digunakan sebagai setoran pertama kita ke bank. Selanjutnya adalah meterai seharga 6ribu rupiah untuk ditempelkan dalam formulir pembukaan rekening baru yang nantinya kita tanda-tangani. Tidak perlu membawa meterai jika tidak punya, cukup dengan membawa uang 6ribu saja. Hal lain yang paling penting adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli. Read more…

Categories: info praktis Tags: ,

Cepat Kilat Perpanjangan SIM

June 22, 2011 Leave a comment

Minggu lalu, saat pulang ke rumah untuk sebuah acara keluarga, aku menyempatkan diri untuk menemani seseorang memperpanjang SIM(Surat Ijin Mengemudi)nya yang hampir habis masa berlakunya. Hanya sekitar 30 menit saja waktu yang dihabiskan untuk perpanjangan SIM tersebut. Pertama datang di kantor Polantas, langsung menuju loket Perpanjangan SIM, kemudian menunjukkan SIM ke petugas. Setelah SIM ditunjukkan, kemudian mengisi formulir yang telah tersedia, formulir tersebut berisi data diri pribadi kita. Setelah formulir di isi, kembali ke petugas di loket dan kemudian kita akan diarahkan untuk melakukan pembayaran  sebesar 70ribu untuk perpanjangan SIM C dan 35ribu untuk pembuatan kartu, pembayaran tersebut dilakukan melalui transfer ke rekening di Bank. Setelah beres, kemudian foto di ruang foto dan beberapa menit kemudian SIM baru telah jadi. SIM diambil di loket kemudian membayar 5ribu untuk biaya administrasi. Beres sudah, perpanjangan SIM selesai dilakukan.

Categories: info praktis Tags:

Tindihan atau Sleep Paralysis

May 29, 2010 1 comment

Hm…susah bangget bergerak..!!
Bahkan, menggerakkan jari tangan ini saja terasa berat..!!
Tubuh ini serasa lumpuh..!!
Susah bangget berbicara..!!
Rasanya sudah berteriak begitu kencang..!!
Tapi suara ini tidak mau keluar..
Mata ini bisa melihat..
Namun tubuh ini tak bisa bergerak..
Oh Tuhan, tubuh ini serasa ada yang menindih..
Haduh..bagaimana ini??
kucoba menggerakkan jari sambil berteriak kencang..
empft………empft……..
terus..terus..dan terus kucoba..
……….
hah…
akhirnya, bisa juga… dan segalanya kembali normal..

Itu tadi adalah ilustrasi, saat terjadi tindihan, keadaan dimana saat kita terbangun, tubuh ini serasa lumpuh, susah menggerakkan anggota tubuh kita, namun kita sudah dapat melihat ke arah pandangan kita.
Di daerahku, hal yang seperti ini disebut dengan tindihan, karena badan kita serasa ditindih, hingga susah bergerak. Mungkin di tempat lain, ada istilah yang berbeda untuk peristiwa demikian.
Apakah teman-teman pernah mengalaminya?? Read more…

Jeruk Nipis n Kecap Manis obati batuk berdahak..

May 29, 2010 3 comments

Uhuk..uhuk..

Duh, g enak bangget kalo batuk bgini.. 😦 Sangat mengganggu aktifitas. Hum..tenggorokannya gatel !!! TT
Flu emang lagi musim ni, banyak deh orang-orang di sekitar yang kena flu. Badanku yang kelelahan karena beberapa hari ni bergadang mulu, akhirnya ikutan kena flu juga.. Setiap kali aku kena batuk, pasti jenisnya selalu batuk berdahak.. Entah mengapa begitu?! Aku baru ingin menyelidiki alasannya.. he he..

Kalo batuk begini, biasanya ibu selalu nyiapin jeruk nipis plus kecap manis buat aku minum..Satu sendok makan jeruk nipis dicampur kecap manis, dengan rasa asam manis..Resep turun-temurun yang cukup manjur buat ngeluarin semua dahak.. Read more…