Archive

Archive for the ‘hobbies’ Category

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam

August 11, 2011 Leave a comment

Lama tidak menyantap sambal goreng, jadi kepingin buat deh, alhasil seperti biasa eksperimen pun dimulai. Setelah membeli 1 bungkus ati ampela ayam dan lombok keriting, tugas selanjutnya adalah browsing resep. *Sebenarnya yang biasa dipakai untuk masak sambal goreng ati itu ati sapi, tapi berhubung ati ayam lebih mudah di dapat dan juga masih newbie, ati ayam jadi pilihan yang aman. 🙂 * Pusing browsing ke sana ke mari, semua resep yang ada di internet bermacam-macam bumbunya. Ada yang pakai bumbu A, ada yang pakai bumbu B, ada yang A dan B, ada yang C, ada yang B dan C *koq malah jadi buat kombinasi dari ABC sih?!*. Pokoknya macam-macam lah! Aku jadi bingung dibuatnya. 😦 Maka, jurus ampuh andalan pun dikeluarkan. Pagi-pagi sebelum eksekusi aku telpon ke rumah, tanya pada ibu tersayang, “resepnya gimana sih?”. 🙂 Terbukti deh, jurus ini ampuh dan hasilnya pun lezat seperti yang diidamkan. Makasih ibu. :*

sambel goreng ati ampela ayam Read more…

Pangsit Ayam

July 29, 2011 Leave a comment

Minggu yang lalu, aku membeli daging ayam giling, rencananya sih ingin membuat bakso ayam, tapi ternyata rencana berubah. Saat di toko sayur, mata ini melirik kulit pangsit. Hm, enak juga nih kalau dibuat pangsit goreng!! Akhirnya, sesampai di kost, browsing deh, resepnya. Paginya dieksekusilah resep itu dengan sedikit modifikasi. Resep aslinya sih pakai udang, tapi karena tidak punya, full of ayam dah.. 😀 Tapi, tetep enak koq. Bahkan ibu kost pun memberi pujian.. yey!

pangsit ayam goreng

Ini nih resepnya : Read more…

Categories: cooking, hobbies Tags: , ,

Ayam Kecap Pedas

July 15, 2011 Leave a comment

Kali ini aku akan sharing tentang masakan praktis yang mudah dibuat dan lezat. Sajian kali ini memiliki citarasa pedas manis. Hm, pokoknya bisa bikin lidah bergoyang. Jika anda tidak suka pedas, tinggal dikurangi saja cabainya.

Bahan :
100 gr ayam dada fillet
1 sdm kecap manis
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
air secukupnya
minyak goreng

Bumbu (dihaluskan):
4 butir bawang merang
3 siung bawang putih
3 buah cabai rawit (sesuai selera)
1 sdt merica hitam

Cara membuat :
1. potong-potong daging ayam sesuai selera, boleh memanjang, boleh dadu. Goreng ayam dengan sedikit minyak sampai berubah warna menjadi putih, sisihkan.
2. gunakan minyak sisa menggoreng ayam tadi, untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan. Setelah harum, masukkan daging ayam, tambahkan kecap, garam dan gula. Masukkan air, tutup wajan, masak sampai mendidih dengan api kecil. Setelah mendidih, dicoba dulu ya, sudah sesuai selera atau belum?! jika sudah sesuai, matikan kompor, masakan siap dihidangkan.
(untuk 4 porsi, kalau untuk anak kost bisa lebih dari 4 porsi, hehehe)

estimasi biaya yang diperlukan = Rp 10.000,00
*foto menyusul yah, blom punya koleksi fotonya :(*

Categories: cooking, hobbies Tags: , ,

Lezatnya Tumis Kangkung

July 1, 2011 1 comment

Siapa yang tidak pernah mencicipi lezatnya tumis kangkung? Pasti rugi besar! Rasanya yang nikmat, selalu membuatku ingin untuk membuatnya lagi dan lagi! Mudah koq membuatnya, cepat pula! Tidak sampai 30 menit waktu dihabiskan untuk memasak tumis kangkung. Tumis kangkung bisa dipadukan dengan jamur merang, bakso atau udang, sesuai selera pembaca sekalian, tapi yang menjadi favoritku adalah jamur merang. Pokoknya lezat deh!

tumis kangkung lezat Read more…

Categories: cooking, hobbies Tags: ,

Tumis Daging Pedas Saus Hoisin

June 29, 2011 Leave a comment

Kemarin saya dibuat bingung dengan daging sisa yang dipergunakan untuk memasak rawon. Hm..dimasak apa ya? Karena kurang memungkinkan untuk dibuat rawon lagi. Maka, setelah memutar otak, muncullah ide untuk menumis daging itu dengan saus hoisin tapi juga ditambah citarasa pedas. Berhubung si daging sudah 3 hari menginap di dalam lemari es, bentuknya pun berubah menjadi daging beku. Setelah didiamkan di suhu ruangan kurang lebih 1/2  jam, maka daging siap diolah untuk disulap menjadi makanan yang yummy..!!

tumis daging pedas

Berikut ini cara memasaknya,

Read more…

Categories: cooking, hobbies Tags: , ,

Mie Goreng Sechuan

June 29, 2011 Leave a comment

Mie goreng sechuan adalah salah satu menu favorit yang sering dibuat di dapur. Rasanya yang spicy membuat lidah bergoyang. Coba saja buat dan buktikan sendiri kelezatannya. Mudah koq dan pastinya enak!

mie goreng sechuan

 

Read more…

Categories: cooking, hobbies Tags:

Membuat Bakpao

May 16, 2011 1 comment

Berhubung ada yang ngidam pengen makan bakpao, weekend kemarin pun diisi dengan acara membuat bakpao.
Meski ini kali pertama membuat bakpao, tapi hasilnya dijamin tidak mengecewakan lho.  *nyombong dikit lah*
Hari Kamis dan Jumat siang diagendakan dengan curi-curi waktu untuk searching resep bakpao di internet. Setelah cukup lama melihat-lihat beberapa resep bakpao di internet dan setelah menimbang-nimbang banyak hal, akhirnya diputuskan untuk mengambil dari link resep bakpao ini. Buat pemilik resepnya, thanks bangget ya. Aku ambil resepnya dari link itu, karena feeling mengatakan bahwa bakpaonya pasti bakal enak. Read more…

Categories: cooking Tags: