Home > info praktis > Jeruk Nipis n Kecap Manis obati batuk berdahak..

Jeruk Nipis n Kecap Manis obati batuk berdahak..

Uhuk..uhuk..

Duh, g enak bangget kalo batuk bgini.. 😦 Sangat mengganggu aktifitas. Hum..tenggorokannya gatel !!! TT
Flu emang lagi musim ni, banyak deh orang-orang di sekitar yang kena flu. Badanku yang kelelahan karena beberapa hari ni bergadang mulu, akhirnya ikutan kena flu juga.. Setiap kali aku kena batuk, pasti jenisnya selalu batuk berdahak.. Entah mengapa begitu?! Aku baru ingin menyelidiki alasannya.. he he..

Kalo batuk begini, biasanya ibu selalu nyiapin jeruk nipis plus kecap manis buat aku minum..Satu sendok makan jeruk nipis dicampur kecap manis, dengan rasa asam manis..Resep turun-temurun yang cukup manjur buat ngeluarin semua dahak..

Semalam dan tadi pagi aku udah minum ramuan tradisional itu dan efeknya udah mulai aku rasain..Bertahun-tahun memakai ramuan itu untuk membantu meredakan batuk berdahak, membuat aku hari ini jadi penasaran..Sebenarnya apa sih yang bikin kecap manis plus jeruk nipis itu bisa nolong aku dari batuk berdahak?? Cuma sekedar sugesti kah?! ato ada alasan ilmiah dibalik itu semua??

Didorong oleh rasa penasaran akhirnya jariku mulai mengetikkan keyword “Mengapa Jeruk Nipis Kecap Manis batuk berdahak” (keyword yang aneh kah?! biasa aja koq..he he 😀 ) di textfield miliknya mbah google..1 Detik kemudian mbah google memberikan beberapa informasi yang akhirnya membuatku jadi melongo dan manggut-manggut sambil mbaca artikel.. 😀
Dari situlah akhirnya aku tau mengapa jeruk nipis yang bercampur dengan kecap manis bisa membantu meredakan batuk awal.

Kombinasi jeruk nipis dan kecap merupakan golongan asetilsistein yang sebenarnya telah dipakai secara luas di Indonesia. Pada kombinasi tersebut asetilsistein yang terdapat dalam kecap akan larut dalam suasana asam yang ditimbulkan oleh jeruk nipis tersebut. Asetilsistein kemudian akan memecah benang-benang mukoprotein dan mukopolisakarida yang terdapat dalam sputum (dahak) sehingga mukus yang kental pada saluran bronkial menjadi lebih encer, kemudian hal ini akan memfasilitasi ekspektorasi yaitu proses pengeluaran dahak itu sendiri dengan mengurangi viskositas sputum.

Asetilsistein bekerja berdasarkan reaksi kimia langsung dengan glikoprotein yang terdapat di dalam lendir . Asetilsistein ini berdasarkan gugus merkaponya yang bebas dapat memecah jembatan disulfida glikoprotein. N-Asetilsistein ini juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan sehingga bermanfaat mencegah kerusakan paru oleh oksidan dalam asap rokok.

Selain asetilsistein yang terdapat dalam kecap, kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sangat berguna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman patogen (kuman yag dapat menyebabkan timbulkan penyakit) dapat dimatikan oleh tubuh. Sebab pada saat daya tahan tubuh turun, tubuh akan sangat rentan terjangkit penyakit.

sumber

Advertisements
  1. nyoman
    December 1, 2010 at 8:59 pm

    thank bro, aku akan coba resepnya, karena aku ngalami yang sama batuk susah napasnya dan aku heran kenapa aku bisa kena dari dulu aku nggak pernah batuk cuma di tempat kerja ada teman yang kena batuk dan sekarang aku dech yang kena ok any way thank bro

  2. azhari
    June 29, 2012 at 4:08 pm

    kamsia ngai akan coba jazakumallah

  3. December 15, 2014 at 9:30 am

    lagi blog walking gan. titip ya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: